Thursday, March 2, 2017

JAPAN #6 - MOUNT FUJI VIA GOTEMBA PREMIUM OUTLET

Fuji San!
Perjalananku hari ini melihat Mount Fuji melalui Gotemba Premium Outlet, tempat shopping barang-barang branded di Jepang.

So, let's read & hope it helps!

🙋🙋🙋


Perjalanan panjang ke Mount Fuji segera dimulai!!!

Sebelum memulai perjalanan, kami sarapan pagi di restoran "Yayoike", salah satu restoran favorit saya dan keluarga, selain lokasinya dekat dengan apartment juga rasa dan porsi makanannya cocok.
*Tips: lebih baik mengisi perut dahulu sebelum ke Mount Fuji karena di sana jarang ada makanan dan harganya yang pasti lebih mahal (karena tempat wisata).

Berikut foto sarapan saya, saya pesan set menu yang terdiri dari 1 mangkok nasi (nasi bisa tambah sepuasnya), 1 piring beef atau salmon atau mie1 mangkok tahu (anyway tahu di sini tidak asin, tawar), 1 mangkok miso soup dan 1 mangkok sayur (kubis, wortel, jagung dengan dressing mayoinase) serta 1 gelas ocha (bisa refill sepuasnya).





Umumnya, restoran di Jepang didesain untuk 1-2 orang. Seperti foto yang dapat anda lihat di atas, 1 meja hanya bisa maksimum 2 orang. Jadi, saya ber-8 harus duduk di 4 meja terpisah.

Selesai sarapan, saya berjalan kaki menuju Minami-senju Station (station terdekat dari apartment saya), dari sana menuju ke Odawara Station, transit di Tokyo Station. Berikut rute yang saya tempuh.

Dari Minami-senju Station > naik JR Joban Line for Shinagawa > transit di Tokyo > naik Shinkansen Kodama 645 > turun di Odawara Station.

Minami-senju to Odawara
Minami-senju to Odawara

Shinkansen Kodama 645 merupakan Shinkansen yang berangkat dari Tokyo ke Shin-Osaka, tetapi saya akan berhenti di Odawara.
*Tips: Naik Shinkansen Kodama selama 35 menit saja dan turun pada pemberhentian ketiga di Odawara Station. Jangan sampai terlewat stop ke station berikutnya.


Tokyo to Odawara
Tokyo to Odawara

Perjalanan saya hari ini semuanya tercover JR Pass yang sudah saya beli dan saya gunakan pada hari pertama. Jadi, saya tidak perlu membeli subway pass apapun lagi. Cukup JR Pass.

Odawara Station
Odawara Station

Seperti judul yang anda baca, saya akan melihat Mt. Fuji melalui Gotemba Premium Outlet

Sebenarnya, melihat Mount Fuji tidak hanya melalui Gotemba Premium Outlet (cocok bagi anda yang suka shopping), tetapi juga dapat melalui Hakone (sebelah selatan Mt. Fuji, cocok bagi anda yang suka adventure) atau ke The Fuji Five Lakes (sebelah utara Mt. Fuji).

Saya berencana melihat Mount Fuji melalui Hakone, anda dapat menikmati keindahan Mount Fuji melalui 5 jenis transportasi yaitu naik kereta, naik cable car, gondola, cruise (kapal), serta bus. Menyenangkan, bukan?

Berikut rute yang ditempuh beserta biayanya. Biaya tersebut adalah untuk membeli Hakone Free Pass di mana sudah cover 5 jenis transportasi tadi. Informasi lebih lengkap, dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Untuk harganya adult ¥ 5.140 (berangkat dari Shinjuku Station) atau ¥ 4.000 (berangkat dari Odawara Station)


Rencana pun berubah saat di Odawara Station, saya dan keluarga akhirnya memutuskan melihat Mt. Fuji melalui Gotemba Premium Outlet. Tidak melalui Hakone.

Kenapa?

1 alasannya, shopping.

Gotemba merupakan salah satu tempat shopping besar di Jepang, terletak pada lahan seluas 400.000 m2, dengan lebih dari 210 brand shop (seperti Fendi, Michael Kors, Balenciaga, Kate Spade, Furla, Nike, Adidas, Banana Republic, Sanrio, dsb).  Barang-barang mulai dari tas, baju, sepatu, perhiasan, jam tangan, bahkan mainan anak dapat anda temukan di sini. Gotemba tidak hanya ramai dikunjungi turis lokal tetapi juga turis asing, seperti Indonesia.

Saya bertemu banyak turis dari Indonesia di Gotemba.

Bagaimana menuju Gotemba Premium Outlet?

Berikut rutenya (semuanya tercover JR Pass). Dari Odawara > naik JR Tokaido Line for Koga > transit di Kozu Station > naik JR Gotemba Line for Numazu > turun di Gotemba.

Odawara to Gotemba
Odawara to Gotemba

At Kozu Station
At Kozu Station

Sampai di Gotemba Station, saya keluar dari Otome Exit, kemudian naik shuttle bus gratis ke Gotemba Premium Outlet. Shuttle bus tersedia setiap 15 menit (00, 15, 30, 45).

Gotemba Premium Outlet buka setiap hari pk 10.00 - 22.00 (khusus winter (Des-Feb) tutup pk 19.00), tanpa biaya masuk alias gratis. Dan untuk pembayaran shopping bisa menggunakan credit card.

Inilah pemandangan, turun dari shuttle bus

Gotemba Premium Outlet
Gotemba Premium Outlet

Gotemba Premium Outlet
Gotemba Premium Outlet

Mount Fuji tidak terlalu terlihat jelas dari Gotemba, biasanya para turis lanjut menuju Lake Kawaguchiko untuk menikmati indahnya Mount Fuji. 

Sangat disayangkan, saya tidak ke Kawaguchiko, pemandangannya tentu sangat indah. Namun, memang saya dan keluarga berencana menghabiskan seharian di Gotemba saja. Bagi anda yang ingin  menuju Kawaguchiko dapat membaca guide ini. 

Inilah penampakan Lake Kawaguchiko saat musim semi. Cantik, bukan!
Full cherry blossoms report at Mount Fuji 2016 dapat dilihat di japan guide.

Mt. Fuji view from Lake Kawaguchiko
Mt. Fuji view from Lake Kawaguchiko
source: google

Saya lunch di food court Gotemba. Inilah menu makan siang saya, Singapore Hainan Chicken!

Food court Gotemba ramai sekali dan macam makanan di sana tidak terlalu banyak, sehingga antri makanan bisa sampai 30 menit saat jam makan siang. 

Anyway, porsi makanan di sini cukup besar dan saya habiskan sendiri karena udara dingin dan panjangnya perjalanan membuat porsi makan saya banyak.


Selesai makan, para turis harus membereskan meja yang dipakai, piring dan gelas kotor harus diletakkan pada tempat cuci piring.

Food Court Gotemba
Food Court Gotemba (Indoor)

Food Court Gotemba (Outdoor)

Di food court outdoor, anda dapat menyantap makanan anda ditemani cantiknya Mount Fuji. Namun tidak ada seorang pun yang duduk di sana.

Kenapa?

Karena saat itu udaranya begitu dingin sehingga para turis lebih memilih indoor yang ada heater-nya.

Selesai berkeliling Gotemba sampai puas yaitu pk 19.00 (jam tutup) saya memutuskan kembali ke apartment di Minami-senju. Rute yang saya tempuh kembali kebalikan dari rute ke sini.



Really hope you enjoyed reading this. Thank you for stopping by!

Buat anda yang masih bingung bagaimana mengurus cara naik kereta di Jepang dapat baca post yang ini.

Buat anda yang ingin tahu bagaimana perjalanan saya di Jepang selama 8 hari dapat baca post yang ini.

Please share, comment, & follow this blog, guys (:
I'll see you on my next post (every Friday) & happy reading!

2 comments

  1. Hai. Restorannya Yayoike atau Yayoiken ya? Soalnya saya browsing munculnya yayoiken. Dan ini makannya yg di daerah mana?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Gotemba ehm asyik buat belanja brand terknal tapi harga dibandingkan Sama outlet premium di Korea yg mirip gotemba murah mana ya hahaha pas kebetulan may ke Sana Dr Korea trus jepang
    . hehhe

    ReplyDelete

© Angie Stee
Maira Gall